Tuesday, July 12

Model Pembelajaran EEK dalam PBM

Pelaksanaan Pembelajaran
Pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP. Pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
*Kegiatan Pendahuluan
Dalam kegiatan pendahuluan guru:
  1. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
  2. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang diajarkan
  3. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan  dicapai.
  4. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
*Kegiatan Inti KBM
Pelaksanaan kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai    tujuan yang dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyangkal, menantang, memotifasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup  bagi prakasa , kreatifitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
Kegiatan ini menggunakan metode yang di sesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran, yang dapat meliputi proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.
*Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
  1. Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi  yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam dikambang  jadi guru dan belajar dari aneka sumber.
  2. Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
  3. Memfasilitasi  terjadinya  interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru , lingkungan, dan sumber belajar lain nya.
  4. Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran dan,
  5. Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, dan lapangan.
*Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
  1. Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna.
  2. Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
  3. Memberikan kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
  4. Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan elabortif
  5. Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
  6. Memfasilitasi pesrta didik  membuat eksplorasi  yang dilakukan secara lisan maupun tulisan, secara individu maupun kelompok
  7. Memfasilitasi peserta didk untuk menyajikan hasil kerja  individual maupun kelompok
  8. Memfasilitasi peserta didik  melakukan pameran, turnamen, festifal, serta produk yang dihasilkan
  9. Memfasilitasi peserta didik  melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri  peserta didik
*Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi  guru
  1. Memberikan umpan baik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah  terhadap keberhasilan peserta didik
  2. Memberikan konfirfmasi  terhadap hasil eksplorasi dan aelaborasi peserta didik  melelalui berbagai sumber
  3. Memfasilitasi  peserta didik melakukan refleksi  dalam memperoleh  pengalaman yang bemakna dalam mencapai kompetisi dasar:
  • berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan  peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar
  • membantu menyelesaikan masalah
  • memberi acuan agar peserta didik  dapat melakukan pengetikan hasil eksplorasi
  • memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh
  • memberikan motivasi kepada peserta didik  yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
*Kegiatan Penutup
Guru bersama peserta didik dan atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran

0 comments:

Post a Comment